Faktor yang Dapat Menjadikan Suatu Komoditas Mempunyai Keunggulan

-->
Bahaskata.blogspot.com- Faktor yang Dapat Menjadikan Suatu Komoditas Mempunyai Keunggulan

FAKTOR ALAM

Letak geografis suatu negara, kandungan alam, dan keindahan alam menjadi sebab terciptanya keunggulan tertentu bagi suatu komoditas. Contohnya karet alam (natural rubber) hanya dapat tumbuh dengan baik dan subur di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia dan Malaysia. Kedua negara ini memiliki keunggulan alamiah dalam memproduksi karet alam daripada negara lain yang terletak di luar daerah beriklim tropis. 

Kandungan alam seperti bahan tambang misalnya timah hanya terdapat di Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Bolivia. Dalam memproduksi timah, keempat negara tersebut mempunyai keunggulan daripada negara lain yang pada umumnya memiliki kandungan timah lebih sedikit. Keindahan alam seperti Minangkabau, Bali, Lombok, dan lainlain memiliki keunggulan untuk mengembangkan industri pariwasata daripada daerah lain.

FAKTOR BIAYA PRODUKSI

Biaya produksi adalah biaya yang dikeluarkan perusahaan pada waktu perusahaan membuat barang atau jasa. Biaya produksi yang ditanggung perusahaan akan menentukan harga jual barang yang diproduksi. Semakin kecil biaya produksi yang dikeluarkan, semakin rendah harga yang ditetapkan.

Contohnya negara Indonesia dengan negara Singapura sama-sama memproduksi televisi dan akan diekspor ke luar negeri. Indonesia mampu memproduksi televisi dengan biaya Rp500.000,00 sedangkan Singapura mampu memproduksi televisi dengan biaya Rp650.000,00. Artinya dalam memproduksi televisi, negara Indonesia sudah mempunyai kelebihan menekan harga daripada Singapura. 

FAKTOR TEKNOLOGI

Perbedaan teknologi yang digunakan dalam membuat suatu komoditi akan memengaruhi keunggulan daripada komoditi tersebut. Semakin canggih teknologi yang digunakan suatu negara untuk membuat suatu barang maka semakin unggul negara tersebut dalam komoditi.

Pada umumnya komoditi yang akan diekspor haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu. Adapun syarat-syarat tersebut antara lain berikut ini. 

1) Mempunyai atau dapat bersaing dengan ketat dibandingkan komoditi
serupa dari negara lain. Komoditi ini harus sesuai dengan keinginan dan selera konsumen. Unsur-unsur daya saing dalam komoditi berhubungan dengan mutu barang, harga barang, waktu penyerahan, syarat perdagangan, syarat pembayaran, dan layanan purna jual.

2) Setiap peralatan harus dilengkapi dengan petunjuk pemakaian. 

3) Setiap komoditi diberi warna, ukuran, dan bentuk yang sesuai dengan selera konsumen setempat.
-

1 Response to "Faktor yang Dapat Menjadikan Suatu Komoditas Mempunyai Keunggulan"

KOMENTARMU